Blog

4 Cara Mengecilkan Paha Bisa Dilakukan Di Rumah

Terdapat beragam cara mengecilkan paha, baik secara alami seperti berolahraga atau bahkan melakukan operasi plastik sekalipun.

Paha adalah salah satu bagian tubuh yang sering menjadi tempat berkumpulnya lemak, jika sudah begitu maka paha akan membesar.

Bagi sebagian orang terutama wanita, memiliki paha yang besar tentu akan menganggu penampilan dan membuat kurang percaya diri.

Lalu, apa penyebab paha menjadi besar dan bagaimana cara mengecilkannya?

Tak perlu risau, kimiasekolah sudah merangkum dari berbagai sumber cara mengecilkan paha dan penyebab menjadi besar.

Penyebab Paha Menjadi Besar
Berikut ini adalah beberapa penyebab paha berubah ukuran menjadi besar.

Yang satu ini adalah penyakit kelebihan berat badan karena lemak berlebih, sehingga membuat tubuh tidak ideal.

Bagian tubuh seperti paha, perut, dan pinggang menyimpan banyak lemak yang menyebabkan obesitas.

Faktor keturunan atau genetik juga menjadi salah satu penyebab paha menjadi besar. Paha sendiri terbentuk secara alami,

Oleh sebab itu, jika memang memiliki gen dengan paha besar maka secara alami paha yang dimiliki akan mengikuti gen bawaan.

* Memakai Sepatu Hak Tinggi

Tak menyangka bukan jika sering memakai high heels dapat menyebabkan paha menjadi besar?

Saat mengenakan sepatu hak tinggi tumit akan menjadi tumpuan tubuh sepenuhnya, hal ini berakibat otot paha dan betis jadi besar.

Kurang bergerak, terlalu sering duduk, dan malas berolahraga bisa membuat ukuran paha melebar karena lemak akan berkumpul di area paha.

Tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk merubah paha menjadi lebih kecil, cukup rutin berolahraga yang bahkan beberapa diantaranya bisa dilakukan di rumah.

Simak beberapa gerakan olahraga berikut ini yang dapat mengecilkan paha.

1. Olahraga Kardio
Umumnya manfaat olahraga kardio adalah membakar lemak, namun jika ingin mengecilkan paha sebaiknya memilih jenis latihan kardio yang sesuai serta fokus gerakannya dapat membuat otot-otot paha lebih aktif.

Photo by Enric Cruz López: from PexelsJenis latihan kardio yang bisa membuat paha mengecil antara lain jogging, bersepeda, berenang, lompat tali, dan squat jump.

2. Lunges
Photo by The Lazy Artist Gallery from PexelsLunges adalah gerakan melatih tubuh bagian bawah termasuk paha, yang bertujuan untuk memperkuat, membentuk, dan mengencangkannya.

Ada beberapa variasi gerakan dari lunges, akan tetapi yang paling dasar adalah gerakkan satu kaki ke depan lalu tekuk lutut hingga 90 derajat. Sedangkan kaki yang satunya di belakang ditekuk hingga menyentuh lantai.

Bisa dengan tidak atau hampir menyentuh lantai, namun lebih sulit karena perlu menjaga ketahanan dan keseimbangan.

Lakukan selama 8-10 hitungan, kemudian kembali ke posisi semula. Setelah itu lakukan lagi beberapa kali, jangan lupa untuk menukan posisi kaki secara bergantian.

3. Leg Lift
source: 99.coCara mengecilkan paha selanjutnya adalah leg lift, gerakan yang satu ini mudah dilakukan. Pertama cukup berbaring, lalu rapatkan kaki dan angkat ke atas sekitar 45 derajat.

Kemudian tahan selama detik lalu turunkun ke posisi semula, dan ulangi lagi 8-10 kali.

> Baca juga: Manfaat Olahraga Lari Pagi dan Sore

4. Fire Hydrant
Cara mengecilkan paha berikutnya adalah fire hydrant yang merupakan gerakan menungging atau merangkak dengan posisi tangan dan lutut terbuka selebar bahu, setelah itu luruskan kaki ke belakang dan tahan selama beberapa detik.

Selanjutnya kembali ke posisi awal dan ganti dengan kaki satunya, ulangi gerakan ini 8-10 kali.

Gerakan sederhana ini sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah, tentunya juga dapat membantu merubah ukuran paha menjadi lebih kecil.

Itulah beberapa cara mengecilkan paha dengan gerakan olahraga. Selain gerakannya mudah dan sederhana, rata-rata dapat dilakukan di rumah sehingga tak perlu mengeluarkan biaya untuk pergi ke gym.

Imbangi dengan pola makan sehat dan seimbang, serta pilih makanan dengan kandungan rendah lemak.