Blog

4 Cara Kembalikan Indera Penciuman Dan Rasa Yang Hilang

Terpapar virus corona atau Covid-19 biasanya membuat beberapa orang kehilangan indra penciuman dan rasa. Secara alami mendapatkan kembali indera penciuman dan rasa sangat penting. Meskipun tidak ada obat yang terbukti bisa mengatasi gejala ini, beberapa cara dapat membantu mengembalikan indera perasa dan penciuman.

1. Cium minyak esensial
Dikutip dari laman Times of India, banyak praktisi dan spesialis aromaterapi merekomendasikan pasien Covid-19 untuk mencoba pelatihan penciuman. Caranya dengan mencium empat minyak esensial yang berbeda (minyak mawar, cengkeh, lemon, dan kayu putih) selama 20 sampai 40 detik, masing-masing dua kali atau tiga kali sehari. Meskipun beberapa aromanya tampak terdistorsi, jangan berkecil hati karena hal ini biasa terjadi.

Aroma rutin seperti produk sehari-hari yakni sampo, sabun, bumbu masakan juga dapat diendus selama pemulihan. Meskipun tidak langsung bekerja, hal ini dapat membantu Anda mengembalikan sensasi kehilangan penciuman lebih awal.

2. Bawang putih
Bawang putih telah muncul sebagai obat antivirus dan peningkat kekebalan selama pandemi. Bawang putih juga mengandung khasiat yang meredakan pembengkakan dan peradangan di sekitar saluran hidung, memudahkan pernapasan, dan pada akhirnya membantu memulihkan indera penciuman serta rasa lebih cepat.

Meskipun bawang putih mungkin tidak terhirup, Anda bisa menyesap ramuan panas dari bawang putih yang dihancurkan dan dicampur air. Jus lemon yang juga merupakan obat anti-flu bisa ditambahkan ke minuman untuk mendapatkan manfaat tambahan.

3. Aroma pedas cabai
Bumbu pedas seperti cabai rawit atau bubuk cabai bisa dicoba untuk membantu mengembalikan indera penciuman Anda. Meskipun ini bukan pengobatan yang didukung sains, manfaatnya terletak pada kandungan kuat yang ada dalam rempah-capsaicin yang dikatakan efektif membersihkan hidung yang tersumbat, mengaktifkan indera, dan meningkatkan fungsi indera penciuman. Anda bisa mencampurnya dengan secangkir air atau tambahkan zat pemanis seperti madu sebelum digunakan.

4. Teteskan minyak jarak
Minyak jarak sifatnya anti-oksidan, anti-inflamasi, telah digunakan oleh orang-orang yang sering menderita gejala nyeri sinusitis dan alergi untuk mengurangi pertumbuhan polip hidung. Ini juga cukup bermanfaat dalam meredakan gejala batuk, pilek, membangun kembali indera penciuman, sampai batas tertentu. Panaskan minyak jarak dan teteskan ke lubang hidung Anda, berlatih menarik napas dalam-dalam. Anda juga bisa menambahkan tetes minyak ke dalam uap secara teratur.

Baca juga

Ilustrasi empat cara mengembalikan indera penciuman dan rasa bagi yang terpapar indera penciuman dan rasa. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)