Blog

34 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Yang Perlu Diketahui

Kewirausahaan merupakan sikap atau kemampuan untuk dapat menciptakan sesuatu yang unik dan dapat bermanfaat bagi orang lain dan juga diri sendiri. Kewirausahaan adalah sikap yang kreatif dan aktif di dalam mengembangkan usaha yang dimilikinya agar dapat meningkat.

Wirausaha sendiri berasal dari kata “wira” dan “usaha”. Kata “wira” memiliki arti yaitu pahlawan atau pejuang, sedangkan kata “usaha” artinya yaitu suatu perbuatan. Orang yang melakukan kegiatan wirausaha disebut sebagai wirausahawan.

Pada materi kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari kewirausahaan menurut 30 ahli. Tentunya masing masing ahli memberikan pengertian yang berbeda satu dengan lainnya, namun inti dari pengertian kewirausahaan tetap sama.

1. Penrose (1963)

Kegiatan kewirausahaan identifikasi termasuk peluang dalam sistem ekonomi.

2. Richard Cantillon (1775)

Kewirausahaan sebagai pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Seseorang pengusaha membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang beresiko atau ketidakpastian.

3. Thomas W. Zimmerer

Kewirausahaan adalah keinovasian aplikasi dan kreativitas untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang yang lain hadapi setiap hari.

4. Arif F. Hadipranata

Wirausaha adalah orang orang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengelola dan mengatur semua urusan dan menerima sejumlah manfaat finansial dan non-keuangan.

5. Robbin & Coulter

Kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kellompok individu menggunakan upaya terorganisir dan peluang dan menciptakan nilai untuk tumbuh untuk memenuhi melalui inovasi dan keunikan, tidak peduli sumber daya apa yang digunakan saat ini.

6. Andrew J Dubrin

Wirausaha adalah seseorang yang menjalankan dan membangun bisnis yang inovatif.

7. Raymond

Kewirausahaan adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu kreativitas mewujudkannya untuk meningkatkan kesejahteraan diri dalam lingkungan dan masyarakat.

8. Jean Baptista Say

Seorang pengusaha adalah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi dan menemukan nilai produk.

9. Kasmir

Kewirausahaan adalah jiwa pemberani yang berani mengambil risiko untuk memulai bisnis di berbagai kesempatan.

10. Kahtleen

Pengusaha adalah orang orang yang menjalanka, mengatur dan mengambil risiko untuk pekerjaan yang dilakukan selama di dunia bisnis.

11. Peter F. Drucker

Kewirausahaan adalah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

12. Soeharto Prawiro

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai pengembangan bisnis dan bisnis.

13. Acmad Sanusi

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku dasar tujuan, trik, taktik, propulsi, proses dan hasil bisnis.

14. Mas’ud Machfoedz & Mamhmud Machfoedz

Inovasi kewirausahaan adalah salah satu yang memiliki kesempatan untuk berubah menjadi sebuah ide yang bisa dijual, dapat memberikan nilai tambah melalui nilai tambah melalui upaya, biaya, waktu dan keterampilan yang bertujuan untuk membuat keuntungan.

15. Frank Knight

Kewirausahaan adalah seorang pengusaha mencoba untuk memecahkan dan memprediksi perubahan di pasar. Penjelasan ini menekankan peran pengusaha dalam menghadapi ketidakstabilan di dinamika pasar. Seorang majika diwajibkan untuk melakukan semua fungsi manajerial dasar seperti pengawasan dan bimbingan.

16. Stein dan Jhon F. Burgess

Kewirausahaan adalah salah satu yang mengatur, mengelola dan berani mengambil risiko untuk menciptakan peluang bisnis dan bisnis baru.

17. Joseph Schumepeter

Kewirausahaan adalah salah satu yang mendapat kesempatan dan menciptakan sebuah organisasi untuk mengejar kesempatan seperti itu.

18. J.B Say

Kewirausahaan adalah bahwa pengusaha dapat mengelola berbagai sumber daya yang dimiliki oleh ekonomi dan meningkatkan produktivitas rendah adalah tinggi.

19. Stein dan Jhon F. Burgess

Kewirausahaan adalah salah satu yang mengatur, mengelola dan berani mengambil risiko untuk menciptakan peluang bisnis dan bisnis baru.

20. Stephen Robins

Kewirausahaan adalah proses mengejar berbagai peluang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi.

21. Robert D. Hisrich

Kewirausahaan adalah proses kreatif untuk menciptakan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dengan mengoptimalkan segala daya upaya, seperti mencurahkan waktu, dana, psikologis dan penerimaan penghargaan atas kepuasan seseorang.

22. Drs. Joko Untoro

Kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu bagi dirinya dan orang lain.

23. Salim Siagian

Kewirausahaan adalah semangat, perilaku dan kemampuan memberikan respon positif kepada peluang untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri dan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan/masyarakat, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dengan menerapkan cara kerja yang lebih efisien dan efektif, melalui keberanian mengambil risiko, kreatifitas, inovasi dan kemampuan manajemen.

24. Eddy Soeryanto Soegoto

Kewirausahaan atau etrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

25. Dalam buku Entrepreneurship: Determinant and Policy in European-Us Comparison

Kewirausahaan adalah proses mempersepsikan, menciptakan dan mengejar peluang ekonomi “process of perceivinf, creating and pursuing economic oppurtunities”. Akan tetapi dikatakan dalam buku tersebut, bahwa proses dari kewirausahaan itu sendiri sulit untuk diukur.

26. Dalam buku Entrepreneurial Finance oleh J. Leach Ronald Melicher

Kewirausahaan adalah sebuah proses dalam mengubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga). “Process of changing ideas into commercial opportunities and creating value.

27. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kewirausahaan adalah seseorang yang pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru, menentukan metode produksi baru, mengatur operasi untuk menciptakan produk baru, mengatur modal operasi dan memasarkannya.

28. Gitosardjono

Ada enam esensi kewirausahaan, yaitu:

* Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
* Kewirausahaan adalah nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang digunakan sebagai sumber daya, penggerak, tujuan, strategi, proses dan hasil bisnis.
* Kewirausahaan merupakan proses melakukan sesuatu yang kreatif dan inovatif yang berguna dalam memberikan nilai tambah.
* Kewirausahaan adalah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang untuk meningkatkan dan mengembangkan kehidupan bisnis.

29. Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor. 961/KEP/M/XI/ * Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan.
* Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

30. Prawirokusumo

Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya kreatif dan inovatif dengan mengembangkan ide dan mengumpulkan sumber daya untuk mencari peluang dan meningkatkan kehidupan.

31. F. Hadiputra

Wirausaha adalah pengambil risiko yang dibutuhkan untuk mengatur dan mengelola bisnis dan menerima keuntungan finansial atau non moneter.

32. Raymond W.Y Kao

Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang ide menjadi kenyataan.

33. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio

Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan dan mewujudkan visi ke dalam kehidupan.

34. Israel Kirzner (1979)

Wirausaha mengenali dan berbuat terhadap peluang pasar.