Blog

30 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Halo Sobat Synaoo!!! Pada postingan kali ini Synaoo.com akan memberikan materi tentang pengertian geografi menurut para ahli.

Definisi geografi menurut para ahli sebenarnya sangatlah beragam dan banyak sekali ahli geografi yang mengungkapkan pengertian atau geografi itu sendiri. Namun Synaoo.com hanya akan memberikan 30 pengertian geografi menurut para ahli yang paling terkenal.

1. Bintarto
Geografi ialah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat muka bumi, menganalisa gejala-gejala alam, dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.

2. Preston E. James
Geografi adalah suatu studi yang berhubungan dengan interelasi manusia dengan lingkungan hidupnya.

3. Hartshorne
Geografi ialah ilmu yang berkepentingan untuk mendeskripsikan dengan teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi.

4. Paul Vidal de La Blace
Geografi ialah studi tentang kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini.

5. Ikatan Geografi Indonesia (IGI)

Berdasarkan hasil seminar dan lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) di Semarang pada tahun 1988, geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.

6. Erastothenes
Geografi berasal dari kata geographica yang memiliki arti penulisan atau penggambaran tentang bentuk muka bumi

7. Claudius Ptolomaeus
Menurut Claudius Ptolomaeus geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian serta selruh permukaan bumi

8. Karl Ritther
Menurut Karl Ritther (1859) geografi adalah suatu telaah tentang bumi sebagai tempat hidup manusia. Studi geografi dapat mencakup berbagai macam fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik itu alam organik maupun alam anorganik yang masih terkait dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia itu sendiri juga dibahas.

9. Lobeck
Menurut Lobeck (1939) geografi adalah suatu studi yang membahas tentang hubungan–hubungan yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

10. Frank Debenham (1950)
Menurut Frank Debenham (1950) geografi adalah ilmu yang memiliki tugas untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran fakta, menemukan hubungan di antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

11. Alexander

Menurut Alexander (1958) geografi adalah sebuah studi mengenai pengaruh lingkungan alam terhadap berbagai aktivitas manusia. Dalam pandangan Alexander tersebutlah mulai dibahas mengenai hubungan timbal balik yang terjadi antara aktivitas manusia serta pengaruhnya yang terjadi terhadap lingkungan alam.

12. Hartshorne (1960)
Menurut Hartshorne (1960) geografi merupakan sebuah ilmu yang berkepentingan dalam memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, serta rasional mengenai sifat variabel dari permukaan bumi.

13. Yeates
Menurut Yeates (1963) Geografi adalah ilmu yang memperhatikan mengenai perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai macam sifat yang beragam di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan berbagai alasan yang rasional.

14. Herioso Setiyono
Menurut Herioso Setiyono (1996) geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya serta merujuk terhadap pola persebaran horisontal di permukaan bumi.

15. Halford Mackinder
Menurut Halford Mackinder geografi adalah ilmu yang mempunyai fungsi utamanya guna untuk menyelediki interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda-beda berdasarkan lokasinya.

16. Friederich Ratzel
Friederich Ratzel mengemukakan konsep geografi dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Konsep tersebut diberi nama Lebensraum yang memiliki arti bahwa wilayah geografis merupakan sarana bagi organisme untuk berkembang. Ia melihat bahwa suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya dengan sesuai kekuatan yang negera miliki.

17. Ullman
Menurut Ullman geografi adalah interaksi antar ruang.

18. Elsworth Huntington
Menurut Elsworth Huntington geografi merupakan sebuah studi mengenai fenomena pemukaan bumi serta penduduk yang menghuninya. Elsworth Huntington menjelaskan terdapat hubungan timbal balik antara gejala sera sifat-sifat permukaan bumi dengan penduduknya.

19. Immanuel Kant
Menurut Immanuel Kant Geografi adalah sebuah ilmu yang objek studinya adalah berupa benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah pada permukaan bumi.

20. Strabo
Menurut Strabo geografi sangat erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu, serta hubungan antar wilayah keseluruhan. Pendapat itu kemudian disebut konsep Natural Attribute of Place

21. Ekblaw dan Mulkerne
Menurut Ekblaw dan Mulkerne Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi serta kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, pakaian yang kita gunakan, makanan yang kita konsumsi, rumah yang kita huni, dan tempat rekreasi yang dapat kita nikmati.

22. Vernor E. Finch dan Glen Trewartha
Menurut Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980) Geografi adalah deskripsi serta penjelasan yang menganalisis tentang permukaan bumi dan pandangannya mengenai hal yang selalu berubah dan dinamis.

23. Paul Vidal de La Blance
Menurut Paul Vidal de La Blance Geografi merupakan sebuah studi tentang kualitas berbagai negara, di mana penentuan akan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia dalam mengelola alam.

24. Haris
Menurut Haris (2012) geografi adalah ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang terdapat di permukaan bumi dengan berbagai konsep spesial yang berguna untuk pemanfaatan pembangunan di permukaan.

25. Preston E. James
Menurut Preston E. James geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

26. Basri Mustofa
Basri Mustofo berpedapat bahwa geografi adalah sebuah ilmu yang menguraikan mengenai perrmukaan bumi, penduduk, iklim, flora dan fauna, serta berbagai basil-basil yang diperoleh dari bumi.

27. Daldjoeni
Menurut Daldjoeni geografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia tentang 3 hal pokok, yaitu spasial atau ruang, ekologi, dan region atau wilayah. Dalam hal spasial (ruang), geografi mempelajari persebaran gejala baik alami maupun manusiawai di muka bumi. Dalam hal ekologi, geografi mempelajari tentang bagaimana manusia harus mampu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun dalam hal region (wilayah), geografi mempelajari tentang wilayah sebagai tempat tinggal manusia dengan berdasarkan kesatuan fisiografinya.

28. Von Rithoffen
Menurut Von Rithoffen geografi merupakan studi mengenai gejala serta sifat-sifat permukaan bumi beserta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya dan dengan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik di antara gejala dan sifat tersebut.

29. James Fairgrive
Menurut James Fairgrive (1966) geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangatlah penting untuk menjawab pertanyaan “Di Mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.

30. Depdikbud
Menurut Depdikbud (1989) Geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

Itulah 30 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli dari Synaoo.com. Semoga materi pengertian geografi menurut para ahli yang diberikan dapat bermanfaat.

Terimakasih.