Blog

3 Cara Cek Sertifikasi Vaksin Mudah Dan Cepat

Mengetahui Cara cek sertifikasi vaksinsaat ini benar benar sangat penting. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara atau metode seperti cek lewat sms, cek melalui website, dan cek menggunakan aplikasi peduli lindungi.

Sertifikat vaksin sendiri kita dapatkan setelah menjali vaksinasi yang diberikan sebagai tanda bukti status vaksinasi seseorang. Bila anda belum mengikuti vaksinasi tentu anda tidak akan mendapatkan sertifikat ini dan tentunnya anda tidak dapat mengechek nya. Sejauh ini terdapat dua jenis sertifkat vaksin yakni sertifikat vaksin pertama dan kedua.

Sejauh ini sertifikat vaksin diberikan kepada orang yang telah mengikuti vaksinasi tahap satu dan tahap dua. Data di dalam vaksinasi ini sendiri berisikan nama, Nik, Tanggal lahir, nomor vaksin, tanggal pelaksanaan vaksin yang dilengkapi dengan code barcode. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui beberapa metode atau cara mengecek sertifikat vaksin. berikut beberapa carannya :

1. Cara Cek Sertifikat vaksin via sms

Peserta yang telah menuntaskan vaksinasi bisa mengecek hasil vaksinasi via atau lewat sms. Untuk mengecek sertifikat vaksin lewat sms langkah langkah yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut :

Setelah anda selesai di vaksin anda akan mendapatkan sms dari petugas, Sms ini berisikan tanda bukti anda telah divaksinasi. Diakhir sms anda akan dikirimkan sebuah link dimana link ini langsung menuju ke laman sertifikat vaksin anda. Ketika anda mengklik ini ini anda akan ditampilkan sebuah gambar sertifikat vaksin dengan berbagai data data seperti nama di dalamnnya. anda tinggal mengunduh gambar ini maka anda bisa melihat secara detail gambar serfikat vaksin anda yang sudah anda unduh lewat galeri melalui sms yang dikirimkan petugas vaksin.

2. Cara Cek Sertifikasi Vaksin Melalui Website pedulilindungi.id

Selain mendapatkan sms dari petugas vaksin. Anda juga dapat mengecek sertifikat vaksin anda melalui website resmi peduli lindungi. Untuk caranya anda tinggal mengungjungi website , kemudian lakukan login atau register bila anda membuat akun dengan menekan tombol pojok kanan atas pada halaman website. Jika anda baru pertama kali mengunjungi website ini anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukan data diri anda di form registrasi yang disediakan.

Bila anda telah selesai mengisi form dengan benar, selanjutnnya anda akan menerima kode OTP yang dikirmkan untuk memverifikasi diri anda. Jika sudah terverifikasi anda tinggal login ke akun anda. Setelah anda login klik dashboard akun anda lalu pilih menu “sertifikat vaksin” pertama ataupun kedua anda. Jika anda sudah menjalankan vaksinasi maka akan muncul file gambar sertifikat vaksin anda yang dapat anda unduh di website ini.

3. Cara Cek Sertifikasi Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Selain dua metode diatas anda juga dapat mengecek sertifikat vaksin anda melalui aplikasi android yang sudah disedikan petugas vaksin. Aplikasi ini bernama peduliLindungi yang dapat anda unduh di store android anda secara gratis. Untuk cara pengecekannya cukup mudah melakukan aplikasi. Pertama anda unduh aplikasinnya setelah itu buka aplikasi dengan membuka izin akses, lokasi, penyimpanan, kamera dan lainnya. Selanjutnnya isikan data diri anda di form yang telah di sediakan untuk membuat sebuah akun.

Setelah form aplikasi telah di isi dengan sempurna anda diminta memasukan kode OTP yang secara otomatis akan memverifikasi nomor ponsel anda. Setelah berasil loginanda tinggal mengklik menu “akun” yang terletak di pojok kanan atas lalu pilih menu “sertifikkat vaksin”. Setelah langkah diatas anda lakukan aplikasi akan menampilkan jumlah file sertifikat vaksin yang sudah anda ikuti, anda dapat mengunduh file gambarnnya dan menyimpannya di perangkat anda.

Yang Perlu Dipehatikan Setelah Mendapatkan Sertifikat Vaksin
Setelah anda mengetahui cara cek sertifikat vaksin anda dapat menyimpan file nya di perangkat seperti smartphone atau laptop anda. Selain berfungsi sebagai tanda bukti sertifikat vaksin juga sangat dibutuhkan ketika anda melakukan perjalanan keluar kota. Karena sekarang tidak hanyak bukti swab yang diminta oleh para petugas penjaga antar kota. Biasannya mereka juga meminta anda untuk menunjukan bukti telah divaksinasi.

Untuk bukti sertifkat vaksin yang ditunjukan sendiri dapat anda cetak atau pun cukup dengan mengunakan file saja yang ditunjukan. Perlu anda ingat, sertifikat vaksin yang sudah anda dapatkan tidak boleh anda bagikan atau tunjukan di social media anda. Hal ini dikarnakan di dalam sertifikat vaksin anda terdapat data data pribadi seperti nama dan nomor KTP anda.