Blog

25 Definisi Pengertian Komputer Menurut Sumber Referensi Dan Pakar Ahli

Komputer adalah alat untuk memproses data berdasarkan prosedur atau aturan yang telah diprogramkan. Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat yang terdiri dari beberapa komponen-komponen yang saling bekerja sama dalam membentuk sebuah sistem kerja yang dapat mengoperasikan pekerjaan secara otomatis sesuai dengan urutan instruksi perintah ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkankan program dan data yang tersedia. Komputer adalah sistem yang terdiri dari beberapa aspek yaitu Hardware, Software, dan Brainware.

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronika yang sudah sangat berkembang, mulai dari segi bentuk maupun fungsi. Pengertian komputer menurut bahasa yaitu berasal dari kata bahasa Yunani “Computare” yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata “Com” berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan “Putare” berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris: “To Compute” yang artinya menghitung.

Penggunaan kata tersebut awal mulanya untuk menyebutkan profesi orang yang dalam pekerjaannya melakukan perhitungan operasi aritmatika, baik menggunakan alat bantu maupun tidak. Seiring perkembangan, istilah komputer dipindah-artikan menjadi sebuah mesin hitung raksasa. Saat ini komputer terus berevolusi hingga menjadi sebuah rangkaian alat elektronik yang memiliki sifat multi tasking dan berteknologi canggih sehingga mampu melakukan berbagai tugas dan memiliki banyak fungsi. Informasi selengkapnya silahkan baca Sejarah dan Perkembangan Komputer !

Pengertian Komputer Berdasarkan Beberapa Sumber Referensi

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymologykata komputer digunakan dalam Bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk orang yang melakukan perhitungan kemudian berubah lagi menjelang tahun 1897 juga digunakan sebagai “mesin atau alat hitung mekanis” disaat masih terjadi Perang Dunia II kata komputer untuk mengistilahkan para pekerja wanita di Amerika Serikat dan Negara Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Komputer pun dulunya diartikan untuk menyebutkan segala jenis mesin hitung baik kalkultor, handphone dan lain-lain. Namun karena semakin majunya jaman barang-barang tersebut di kategorikan berdasarkan jenisnya masing-masing.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) : komputer/kom·pu·ter/ (n) alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

DINUS : “Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.”

Wikipedia:”Komputer adalah seperangkat alat yang dijadikan satu untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.”Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mengartikan komputer sebagai suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.American Standard Institute berpendapat bahwa komputer pada dasarnya merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yag besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesan.

Pengertian komputer secara umum bisa diartikan sebagai seperangkat alat elektronik terhubung satu dengan lainnya yang saling bekerja sama dan terkoordinasi dibawah kontrol sebuah program dengan kemampuan untuk dapat menerima data dan melakukan pengolahan data baik berupa teks, gambar maupun suara untuk menghasilkan informasi yang kita kehendaki. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak ahli yang mendefinisikan arti dari komputer itu sendiri, seperti beberapa definisi tentang komputer dibawah ini:

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

1.Arif Susanto
“Komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.”
(Arif Susanto. 2009)

2. Wimatra, dkk
“Komputer adalah suatu sistem perangkat elektronik yang memilki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.”
(Wimatra, dkk. 2008)

“Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas antara lain menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.”

(Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.)

“Komputer adalah suatu alat pemroses data yang mampu melakukan perhitungan dengan jumlah besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.”

(William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981)

“Komputer adalah pemecah persoalan atau pengolah data yang dapat menghasilkan informasi yang diperlukan.”

“Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di memori penyimpanannya (stored program).”
(Donald H.Sanders, 1985)

7. V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan S.G. Zaky

“Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.”

(V. Carl Hamacher Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001).

“Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.”

(Gordon B. Davis dalam buku Introduction To Computers).

“Komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog).”

10. Larry Long dan Nancy Long

“Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logika.”

“Komputer adalah perangkat serba guna yg menerima input,proses data, penyimpanan data, dan menghasilkan output, semua menurut serangkaian instruksi disimpan.”

12. Garry B. Shelly dan Randolph E. Gunter

“Komputer merupakan perangkat elektronik, beroperasi di bawah kendali instruksi di simpan dalam memori, yang dapat menerima data, mengelolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan, dan memproduksi hasil.”

“Komputer merupakan sebuah mesin multguna yang dapat dilakukan pemrograman, dan dapat deprogram, dimana mesin–mesin tersebut dapat meerima data berupa fakta dan gambar kasar, lalu kemudian memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi sebuh informasi yang bisa digunakan oleh usernya.”

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
(McGraw-Hill, 2001)

Jika ditelusuri lebih jauh lagi, kita mungkin akan menemukan banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan komputer secara berbeda. Namun, secara umum kita bisa menyimpulkan bahwa komputer adalah suatu perangkat elektronik yang dapat:
1. Melakukan proses penghitungan numerik (to compute).
2. Menerima dan melakukan pembacaan input data.
3. Melakukan pengolahan data yang diinput sesuai dengan program yang ditetapkan.
4. Menghasilkan atau memberikan informasi yang merupakan output dari hasil pemrosesan input data.
5. Melakukan penyimpanan data, antara lain program, input maupun output dari pengolahan.
6. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer.
7. Menyimpan program dan hasil pengolahan.
8. Bekerja secara otomatis.

Setelah mengetahui pengertian dan juga definisi komputer berdasarkan beberapa sumber referensi dan menurut para ahli atau pakarnya, makaIptekTikommenyimpulkan pengertian komputer secara singkat, yaitu:
“Komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat menerima dan menyimpan data berupa input digital, memprosesnya secara komputasi, dan kemudian menghasilkan output dalam bentuk informasi.”

* Nah! Menurut Anda, Apa definisi atau pengertian KOMPUTER???

** Komputer adalah …(isi jawaban Anda di kolom komentar)…