Blog

2 Cara Membuat Daftar Isi Di Word Otomatis Manual

Ketika membuat karya tulis ilmiah seperti skripsi, jurnal, makalah dan lainnya, salah satu bagian yang cukup sulit untuk dibuat adalah daftar isi. Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan beberapa cara membuat daftar isi di Word secara otomatis dan manual.

Sebetulnya ada banyak metode yang bisa Anda gunakan untuk membuat halaman daftar isi, namun di sini saya akan membagikan dua cara yang paling mudah dan sering digunakan oleh banyak orang.

Metode ini juga dapat digunakan untuk membuat halaman daftar isi karya tulis ilmiah seperti jurnal, makalah, skripsi ataupun karya tulis fiksi. Namun dalam panduan ini saya akan membuat daftar isi untuk skripsi.

Di sini saya menggunakan Microsoft Word 2019, apabila Anda menggunakan versi yang lain seperti Word 2010, 2013, 2016 atau versi yang lainnya silahkan menyesuaikan karena caranya sama saja.

Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Manual
Metode manual cocok untuk Anda yang kurang terbiasa menggunakan fitur pembuat daftar isi otomatis yang ada di Microsoft Word. Metode ini memang jauh lebih mudah dibuat dibandingkan dengan metode otomatis.

Namun, Anda perlu mengetik satu per satu judul bab dan bagian lainnya beserta nomor halamannya secara manual.

Meskipun demikian, titik-titik pada daftar isi dapat kita buat secara otomatis menggunakan fitur Tabs yang ada di Word, sehingga Anda tak perlu menekan tombol titik pada keyboard secara berulang-ulang.

Cara membuat daftara isi di Word secara manual:

Langkah 1: Tampilkan terlebih dahulu penggaris di Word dengan cara klik menu View lalu centang bagian Ruler.

Langkah 2: Tulis judul “DAFTAR ISI” di halaman yang akan dibuat sebagai halaman daftar isi. Tekan Enter sekali untuk membuat baris baru.

Langkah 3: Tentukan panjang titik-titik daftar isi, sebagai contoh di sini saya ingin titik-titik berhenti sampai ukuran penggaris 15 cm. Klik dua kali pada angka 15 di penggaris, kemudian atur bagian Leader menjadi 2…, setelah itu klik Set lalu OK.

Langkah 4: Kemudian tulis judul bagian yang ingin dimasukkan ke dalam daftar isi, kemudian tekan tombol Tab pada keyboard untuk membuat titik-titik, setelah itu beri nomor halaman setelah titik-titik.

Langkah 5: Ulangi langkah 4 untuk memasukkan bagian yang lain seperti Halaman Persetujuan, Kata Pengantar, judul bab, subbab, sub-subbab dan lainnya.

Langkah 6: Selanjutnya kita akan membuat subbab dan sub-subbab menjorok ke kanan. Caranya blok subbab kemudian geser tombol Left Indent ke kanan. Ulangi langkah tersebut untuk membuat sub-subbab agar menjorok ke kanan.

Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat daftar isi Word secara manual, untuk menyesuaikan ketebalan huruf, jenis huruf, ukuran huruf dan bagian yang lainnya silahkan atur sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Otomatis
Jika Anda akan sering membuat karya ilmiah, metode otomatis memang lebih disarankan. Namun agar Microsoft Word dapat mendeteksi judul bab, subjudul bab, dan bagian lainnya beserta nomor halamannya kita perlu menandainya dengan Heading.

Dengan menggunakan metode ini Anda tak perlu ribet mengetik bagian-bagian yang ingin dimasukkan ke dalam daftar isi secara manual seperti dalam metode sebelumnya, nantinya Word akan mendeteksi secara otomatis.

Sebelum mengikuti panduan ini, pastikan penomoran halaman sudah dibuat dengan benar agar Word dapat mendeteksi nomor halaman dengan baik.

Cara membuat daftar isi di Word secara otomatis:

Langkah 1: Untuk memudahkan proses pembuatan daftar isi otomatis silahkan tampilkan terlebih dahulu panel navigasi halaman, klik menu View lalu centang bagian Navigation Pane.

Langkah 2: Terapkan Heading 1 ke bagian preliminer seperti Kata Pengantar, Abstrak, Halaman Judul, serta judul bab dan bagian lainnya, sebagai contoh di sini saya akan menerapkan Heading 1 ke judul Bab II.

Caranya blok judul kemudian pilih menu Home lalu pilih klik kanan pada Heading 1 lalu pilih opsi Update Heading 1 to Match Selection. Semua bagian yang ditandai dengan Heading 1 akan memiliki desain huruf yang sama dengan yang Anda blok, mulai dari jenis huruf, ketebalan, dan ukuran huruf.

Langkah 3: Ulangi langkah sebelumnya untuk menandai judul subbab dengan Heading 2 dan judul sub-subbab dengan Heading 3, jika Anda memiliki tingkat penomoran lain dibawahnya tandai dengan Heading 4 dan 5. Lihat gambar ilustrasi di bawah.

Langkah 4: Selanjutnya buat halaman kosong untuk daftar isi, biasanya sebelum Bab 1. Setelah itu, klik menu References lalu pilih Table of Contents, kemudian pilih Automatic Table 1.

Langkah 5: Ubah judul daftar isi dari “Contents” menjadi “DAFTAR ISI”, kemudian blok tulisan “DAFTAR ISI” lalu tandai dengan Heading 1 agar muncul dalam daftar.

Langkah 6: Setiap kali Anda melakukan perubahan seperti mengubah nomor halaman atau menambahkan judul bab, subbab, dan bagian lainnya, klik menu Update Table lalu centang bagian Update page numbers only lalu OK. Ulangi langkah tersebut namun kali ini yang dicentang bagian Update entire table.

Sampai di sini kita sudah berhasil membuat daftar isi di Word secara otomatis, Anda dapat menyesuaikan ukuran huruf, ketebalan huruf, dan jenis huruf daftar isi sesuai kebutuhan menggunakan cara yang umum digunakan.

Penutup
Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat daftar isi di Word secara manual maupun otomatis. Metode manual cocok untuk Anda yang ingin membuat daftar isi dengan mudah.

Sedangkan metode otomatis, cocok untuk Anda yang sudah terbiasa membuat karya ilmiah menggunakan fitur penanda Heading yang ada di Word. Untuk jangka panjang, saya juga lebih menyarankan Anda untuk belajar metode otomatis.

Jadi, apakah Anda berhasil membuat daftar isi di Word? Metode mana yang Anda gunakan? Manual atau Otomatis?. Apabila mengalami masalah atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.