Blog

19 Definisi Kewirausahaan Menurut Para Ahli

19 Definisi Kewirausahaan Menurut Para Ahli –Kewirausahaan kini menjadi suatu hal yang harus dipahami dan dimiliki oleh setiap orang. Semakin lama semakin ditekankan begitu pentingnya kewirausahaan. Semakin banyak pula yang tertarik menggeluti dunia wirausaha. Tentunya antara kewirausahaan dan wirausaha berbeda. Walaupun hanya terdapat sedikit penambahan katanya saja namun artinya akan tetap berbeda. Untuk memahami apa perbedaan keduanya tentu kita bisa melihat dari definisi kewirausahaan itu sendiri. Juga kita bisa melihat definisi dari wirausaha sehingga kemudian kita dapat menyimpulkan bagaimana perbedaan keduanya.

Untuk memahami pengertian kewirausahaan kita dapat mengambil 19 definisi kewirausahaan menurut para ahli. Ada banyak ahli ekonomi yang mendefinisikan kewirausahaan. Namun sebelumnya kita akan mengulas terlebih dahulu apa pengertian kewirausahaan secara harfiah atau berdasarkan asal katanya. Kewirausahaan sendiri merupakan kata yang berasal dari kata wirausaha yang diberi imbuhan awalan dan akhiran yaitu awalan ke- dan akhiran -an. Wirausaha jika diuraikan menjadi wira dan usaha yang artinya perwira atau pahlawan dan daya atau upaya. Maka dapat diartikan dengan sederhana bahwa kewirausahaan adalah suatu hal yang berkaitan dengan wirausaha.

Selanjutnya untuk pengertian menurut para ahli kita akan mengambil beberapa diantaranya saja mengingat begitu banyaknya ahli yang membuat definisi kewirausahaan.

Definisi atau pengertian yang pertama yaitu dari Zimmer. Ia mendefinisikan kewirausahaan sebagai proses penerapan kreativitas dan emosi dalam memecahkan suatu permasalahan atau persoalan dan menemukan suatu peluang untuk memperbaiki hidupnya. 19 Definisi Kewirausahaan Menurut Para Ahli Lengkap :

Pengertian tersebut tak jauh berbeda dengan pengertian kewirausahaan menurut Robin. Ia menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan suatu proses yang dilalui oleh seseorang yang bertujuan untuk mengejar peluang/kesempatan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui suatu inovasi, tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka atur. Dari dua definisi tersebut terlihat tidak ada yang menunjukan bahwa kewirausahaan merupakan kegiatan ekonomi atau bisnis. Kalimat yang sedikit bisa menunjukan hal tersebut hanya pada kata ‘kebutuhan ekonomi’.

Kemudian definisi menurut ahli yang selanjutnya sedikit berbeda dari definisi diatas. Dalam definisi berikut disebutkan tentang bisnis atau ekonomi. Pertama yaitu menurut A. Pekerti yang menyatakan bahwa kewirausahaan adalah kemampuan seseorang dalam mendirikan, mengatur, mengembangkan dan melembagakan perusahaan miliknya. Kemudian Savery mendefinisikan kewirausahaan dari kata enterpreuneur yaitu orang yang membeli suatu barang dagang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa guna ekonomisnya akan dijual.

Beragamnya pengertian kewirausahaan memang kadang membuat bingung. Apalagi ditambah dengan adanya kata wirausaha dan wirausahawan. Namun dari 19 definisi kewirausahaan menurut para ahli yang sebagian telah kita ulas tentu dapat kita lihat pada intinya merupakan sebuah kemampuan, sebuah proses kreativitas dan sejenisnya. Sementara wirausaha maupun wirausahawan kadang didefinisikan sebagai orang yang memiliki kemampuan tersebut.

Artikel Lainnya :