Blog

18 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Lengkap

18 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap) – Istilah perubahan sosial sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, setiap masyarakat tentu akan mengalami perubahan sosial. Meskipun dalam perubahan sosial memerlukan waktu dan ukuran yang berbeda-beda.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai pengertian perubahan sosial menurut para ahli, untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Prof. Selo Soemardjan
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya.

2. Emile Durkheim
Perubahan sosial adalah suatu perubahan yang terjadi sebagai hasil dari faktor ekologis juga demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

3. John Luwis Gillin dan John Philip Gillin
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variassi dari cara hidup yang diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, komposisi penduduk, ideologi, kebudayaan material, ataupun adanya difusi yakni penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

4. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi
Perubahan sosial adalah proses perubahan, modifikasi, penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang terdiri atas nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan sosial ekonomi, kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan materi ataupun non-materi.

5. Max Weber
Perubahan sosial adalah suatu perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuain unsur-unsur.

6. Samuel Koening
Perubahan sosial adalah suatu modifikasi yang terjadi dalam pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab intern atau ekstern.

7. Robert H. Lauer
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga tingkat dunia.

8. Robert M.I Lawang
Perubahan sosial adalah suatu proses dalam sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.

9. Bruce J. Cohen
Perubahan sosial adalah suatu perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial juga budaya masyarakat.

10. William F. Ogburn
Perubahan sosial adalah suatu perubahan-perubahan yang terdiri atas unsur kebudayaan baik yang maaterial mauoun immaterial, yang ditekankan merupakan pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur immaterial.

11. Atkinson dan Brooten
Perubahan sosial adalah suatu proses yang membuat seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan merupakan suatu proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi. Adapun perubahan terdiri dari 4 tingkatan yakni sikap, perilaku, pengetahuan, individual, dan perilaku kelompok.

12. Pasurdi Suparlan
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur sosial serta pola-pola hubungan sosial yang terdiri atas sistem status, sistem politik, hubungan keluarga, kekuasaan maupun penduduk.

13. Kingsley Davis
Perubahan sosial adalah suatu wujud perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi dari suatu masyarakat.

14. Mac Iver
Perubahan sosial adalah suatu perubahan yang dialami pada kehidupan sosial atau juga perubahan pada keseimbangan hubungan sosial (ekuilibrium).

15. Hans Garth dan C. Wright Mills
Perubahan sosial adalah sesuatu yang terjadi dalam jangka waktu tertentu terhadap peran seseorang atau lembaga atau tatanan yang kesemuanya haruslah terdiri dari hubungan sosial dalam masyarakat.

16. Kornblum
Perubahan sosial adalah suatu proses perubahan dalam arti budaya yang terjadi bertahap dan dalam kurun waktu lama.

17. Roucek dan Warren
Perubahan sosial merupakan suatu proses sosial dalam struktur yang ada di dalam kehidupan manusia.

18. Raja
18 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada suatu lembaga kemasyarakatan yang mempengaruhi sistem sosial.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai18 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂