Blog

18 Cara Mengecilkan Paha Alami Dan Bisa Tanpa Olahraga

Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa orang terkadang merasa kurang percaya diri karena memiliki bentuk paha yang terlihat besar. Selain itu, bentuk paha yang besar juga terkadang membuat seseorang merasa tidak bebas ketika memakai jenis pakaian tertentu.

Nah, sebelum masuk ke dalam pembahasan cara mengecilkan paha, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab lemak tertimbun di area paha.

Penyebab Paha Besar
1. Faktor Genetik atau Keturunan

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Faktor genetik atau keturunan berperan besar dalam bentuk paha seseorang. Jika genetik Anda memang seperti itu, maka hal tersebut tidak dapat diubah, kecuali dengan operasi medis.

2. Kurang Gerak

Faktor kedua yaitu karena badan Anda tidak dilatih untuk terus bergerak. Pada umumnya, kebanyakan orang yang malas berolahraga dan terlalu sering duduk saat bekerja akan memiliki lemak berlebih di area paha.

3. Obesitas

Obesitas merupakan sebuah kondisi di mana seseorang memiliki berat badan yang sangat berlebih. Dengan kata lain, orang dengan kondisi seperti ini sudah pasti akan memiliki paha yang besar.

Nah, setelah Anda mengetahui penyebab mengapa paha besar, berikut ini cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan paha.

Berikut ini cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan paha yang besar dengan cara-cara alami dan bisa tanpa olahraga.

1. Fire Hydrant

Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara mengambil posisi merangkak. Pastikan agar lutut dan tangan Anda terbuka selebar bahu. Lalu luruskan satu kaki ke belakang dan jaga posisi pinggul agar sejajar dengan pundak. Kemudian, tahan gerakan ini selama beberapa detik dan kembalilah ke posisi semula.

Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali.

2. Naik Turun Tangga

Anda tidak perlu repot-repot pergi ke gym untuk mengecilkan paha. Cukup dengan naik turun tangga di rumah bisa membantu mengecilkan paha Anda.

Untuk mempraktikannya, cukup lewati dua anak tangga sekaligus dan kembali lagi ke posisi semula. Mengulang gerakan ini dijamin akan membuat paha lebih kecil dan kencang.

3. Yoga

Salah satu gerakan yoga yang ampuh untuk mengecilkan paha adalah warrior pose dan anantasana. Nah, untuk melakukan gerakan warrior pose, buka kaki Anda lebar-lebar, tekuk salah satu kaki, dan luruskan kaki satunya ke belakang.

Untuk posisi tangannya, cukup rentangkan sejajar dengan kedua kaki Anda. Tahan posisi ini selama satu menit dan gantilah kaki yang ditekuk. Lakukan gerakan ini hingga 8 kali.

Sedangkan untuk gerakan anantasana, caranya cukup rebahkan tubuh Anda dalam posisi miring dan angkat kaki kanan sambil mencoba menggapainya dengan tangan kanan. Tahan posisi ini selama 1 menit dan lakukan hingga 8 kali. Lalu ganti kaki sebelahnya.

4. Calf Raises

Gerakan olahraga satu ini dilakukan dengan posisi kaki yang agak rapat dan tubuh yang tegak. Caranya yaitu angkat badan dengan tumit ke arah atas seperti gerakan balet dan pakailah ujung kaki sebagai tumpuan keseimbangan. Lakukanlah selama beberapa detik dan kemudian kembalikan badan ke posisi semula.

5. Bersepeda

Foto: Seorang pria bersepeda dengan sepeda lipat Brompton di pusat kota London. (AP / Matt Dunham)
A man cycles on a Brompton folding bicycle in central London, during England’s second coronavirus lockdown, Friday, Nov. 20, 2020. The team at Brompton Bicycles company thought they were prepared for Britain’s Brexit split with Europe, but they face uncertainty about supplies and unexpected new competition from China, all amid a global COVID pandemic. (AP Photo/Matt Dunham)
Bersepeda merupakan kegiatan yang sangat bergantung pada gerakan paha dan betis. Jika Anda melakukannya secara rutin, maka bagian otot pada kedua bagian tubuh tersebut dipastikan akan lebih kencang.

Selain mengecilkan paha, kegiatan ini juga bisa membuat pikiran lebih rileks, mengurangi stres, dan juga melancarkan sirkulasi darah.

6. Lunges

Untuk melakukan gerakan ini, caranya cukup dengan berdiri dengan tegak, lalu tempatkan salah satu kaki ke dalam sambil menekuk lutut serendah mungkin hingga lutut yang satunya menyentuh lantai. Setelah itu, kembalilah ke posisi semula. Lakukan gerakan ini hingga 10 kali dan jangan lupa untuk melakukan gerakan ini pada kaki satunya.

7. Leg Lift

Gerakan ini akan membantu Anda mengencangkan paha, terutama paha bagian dalam. Untuk melakukan gerakan ini, cukup dengan berbaring di atas matras dengan tangan di samping, lalu rapatkan kedua kaki dan angkat setinggi 46 derajat. Tahan selama 15 detik dan kembalikan lagi posisi kaki ke posisi semula. Ulangi gerakan ini hingga 10 kali untuk hasil yang maksimal.