Blog

15 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Tanpa Efek Samping

Memiliki gigi yang putih merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh semua orang. Pasalnya, dengan gigi yang putih bersih maka hal tersebut akan membuat orang menjadi lebih berani untuk tampil percaya diri. Perlu anda tahu, bahwa memutihkan gigi ini dapat anda lakukan dengan cara yang alami. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana caranya, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan Siwak
Image Credit: Okezone.comUntuk membuat gigi nampak lebih putih, maka anda pun bisa menggunakan cara alami yakni dengan siwak. Pastinya, cara satu ini pun telah diketahui oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan sejak dulu, siwak memang telah dipercaya dan dikenal sebagai salah satu cara yang ampuh untuk memnutihkan gigi secara tradisional. Obat herbal yang telah dikenal sejak lama ini memang telah terbukti mampu untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Bahkan siwak pun telah digunakan sejak jaman nenek moyang kita. Untuk cara kerja dari siwak ini mampu untuk menghambat timbulnya bakteri pada mulut, mencegah lubang pada gigi, mengikis plak dan juga mampu untuk memutihkan gigi. Sehingga anda pun bisa menumbuk batang siwak yang sebelumnya telah dibersihkan untuk menggunakannya.

Setelah itu, anda pun bisa mengoleskannya kepada gigi secara lembut dan merata. Atau anda pun juga bisa melakukannya dengan cara menghaluskannya dengan air. Kemudian, anda pun bisa menggunakannya seperti anda menggunakan pasta gigi. Dengan manfaat yang sangat banyak untuk gigi, maka cara ini pun dapat menjadi salah satu alternatif yang ampuh untuk memutihkan gigi secara alami.

2. Mengoleskan Cuka Apel
Image Credit: Harapanrakyat.comSelain dengan menggunakan siwak, maka anda pun juga bisa untuk memakai cuka apel agar gigi menjadi lebih putih. Cuka apel sendiri memang telah dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan. Untuk itu, anda pun nantinya juga akan dengan mudah menemukan cuka apel ini di pasaran. Salah satu manfaat dari cuka apel ini adalah berkhasiat untuk memutihkan gigi yang telah kuning.

Untuk penggunaannya, maka anda pun hanya perlu untuk mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air. Kemudian, anda pun bisa mengoleskannya pada gigi secara perlahan dan merata dengan menggunakan cotton bud. Gunakanlah cara satu ini secara teratur, maka nantinya anda pun bisa mendapatkan gigi putih seperti impian anda.

3. Menggunakan Daun Sirih
Image Credit: Tribunnews.comCara lain yang telah digunakan sejak jaman nenek moyang untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan daun sirih. Cara satu ini terbukti merupakan salah satu cara yang cukup ampuh, alami dan cepat untuk membuat gigi menjadi lebih putih secara permanen. Selain untuk membuat gigi anda menjadi putih, maka daun sirih sendiri juga berfungsi untuk membuat gigi menjadi tampak lebih kuat.

Dengan daun sirih ini pun juga mampu untuk menghilangkan bau mulut dan juga menghentikan gusi berdarah. Dengan berbagai manfaat yang bagus untuk gigi dan mulut, maka anda pun tak perlu ragu lagi untuk menggunakan bahan alami satu ini. Anda bisa mengunyah daun sirih secara langsung seperti cara tradisional yang biasa digunakan oleh nenek moyang kita.

Selain itu, anda pun juga bisa merebusnya terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan jika anda tak ingin mengunyahnya. Kemudian, air rebusan tersebut bisa anda gunakan untuk berkumur. Sedangkan untuk cara yang ketika adalah dengan menumbuknya hingga menjadi halus. Setelah itu, anda pun bisa mengoleskannya kepada gigi agar nantinya gigi mejadi lebih putih. Untuk hasil yang lebih maksimal maka anda pun bisa melakukannya secara rutin.

4. Menyikat Gigi Dengan Kulit Jeruk
Image Credit: Winnetnews.comAdapun cara lain yang bisa untuk anda lakukan adalah menyikatnya dengan menggunakan kulit jeruk. Untuk itu, bagi anda yang doyan untuk mengonsumsi buah jeruk maka anda pun jangan terburu buru untuk membuang kulitnya. Hal ini dikarenakan ternyata kulit jeruk memiliki manfaat untuk membuat gigi menjadi tampak lebih putih dengan cara yang alami. Dengan adanya kandungan zat pektin dan juga minyak atsiri yang ada di dalam jeruk, maka hal tersebut mampu untuk menjaga kesehatan mulut.

Untuk menggunakannya, maka anda pun perlu untuk mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu. Cara yang efektif dan cepat adalah mengeringkannya di bawah sinar matahari. Kemudian, anda pun bisa menumbuknya hingga alus dan tuangkan sedikit air. Setelah berbentuk seperti pasta, maka anda pun bisa menggunakannya untuk menyikat gigi anda setiap hari.

5. Berkumur Menggunakan Air Lemon
Image Credit: Shutterstock.comHal selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk membuat gigi nampak lebih putih adalah dengan berkumur menggunakan air lemon. Selain digunakan untuk diet, maka buah yang memiliki cita rasa asam ini pun juga bisa anda gunakan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut anda. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam yang terdapat di dalam lemon. Dimana mampu untuk menyeimbangkan pH pada mulut.

Selain itu, lemon pun juga mampu untuk berfungsi sebagai anti bakteri yang bisa mencegah terbentuknya bakteri yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Untuk anda yang ingin menggunakanya, maka anda pun bisa berkumur kumur dengan menggunakan air perasan lemon yang telah dicampur dengan air hangat. Gunakan secara rutin yakni tiga kali sehari, maka anda pun akan bisa mendapatkan gigi yang putih dan sehat.

6. Rajin Minum Susu
Image Credit: Kumparan.comSalah satu minuman yang memiliki kandungan kalsium ini memang baik untuk kesehatan tubuh. Kalsium yang terkandung di dalam susu ini akan membuat gigi menjadi tampak lebih kokoh. Tak hanya itu saja, ketika anda sering kali mengonsumsi susu maka anda pun juga sekaligus bisa memutihkan gigi secara alami. Bagaimana susu bisa membuat gigi anda menjadi putih?

Jawabannya jelas karena adanya kandungan magnesium dan juga fosfor yang terdapat di dalam susu. Untuk itu, jika anda ingin untuk memutikan gigi secara permanen dan cepat maka cara ini pun bisa untuk anda lakukan. Dengan mengonsumsi susu secara rutin, maka anda pun bisa lebih sehat dan membuat gigi anda menjadi putih dengan cepat.

7. Berkumur Menggunakan Air Jahe
Image Credit: Walnutbooks.comJahe sering kali dicari ketika cuaca sedang dingin. Hal ini dikarenakan jahe memang cocok menjadi minuman yang bisa menghangatkan badan anda. Selain berfungsi menghangatkan tubuh, ternyata jahe juga memiliki manfaat lain yakni untuk memutihkan gigi secara alami. Hal ini dikarenakan di dalam jahe terdapat kandungan anti bakteri yang akan mampu untuk menghilangkan noda yang ada pada gigi.

Untuk itu, bagi anda yang ingin memutihkan gigi secara alami, maka anda pun bisa mulai berkumur dengan menggunakan jahe. Nantinya gigi pun akan tampak lebih putih dan bisa bertahan secara permanen. Cara yang perlu anda lakukan adalah dengan berkumur menggunakan air perasan jahe secara rutin. Jika anda menginginkan hasil yang cepat dan maksimal, maka anda pun bisa menggunakannya selama setiap hari.

8. Menggunakan Minyak Kelapa
Image Credit: Kompasiana.comBagi anda yang ingin untuk memutihkan gigi maka anda pun juga bisa untuk menggunakan minyak kelapa. Tak hanya digunakan untuk bahan memasak, maka minyak kelapa ini pun juga memiliki manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Untuk itu, jika anda memiliki gigi kuning dan ingin untuk memutihkannya, maka anda pun bisa menggunakan minyak kelapa ini sebagai salah satu alternatifnya. Pasalnya, dengan menggunakan minyak ini, anda pun bisa memutihkan gigi dengan cepat.

Untuk anda yang tertarik mencoba, maka cara yang perlu anda lakukan pun cukup mudah. Dimana anda cukup mencampurkan minyak kelapa ini dengan baking soda. Campurkan hingga memiliki tekstur layaknya pasta gigi. Kemudian, anda pun bisa menggunakannya untuk menggosok gigi. Pastikan anda menggunakannya secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Menggunakan Arang Batok Kelapa
Image Credit: Harga.web.idArang mempunyai sifat alkali yang berfungsi untuk membantu menghilangkan noda kuning membandel yang terdapat pada gigi. Sehingga arang pada batok kelapa ini akan sangat bagus bagi anda yang ingin memutihkan gigi secara alami. Anda pun bisa mengubah arang batok kelapa ini menjadi bentuk pasta gigi sehingga akan lebih mudah untuk digunakan.

Penasaran bagaimana cara membuatnya, maka anda pun bisa menyiapkan arang batok secukupnya. Kemudian, tumbuklah arang tersebut dan mengayaknya. Setelah itu, anda bisa untuk mencampurkan air perasan dari lemon dan aduklah secara merata. Barulah anda bisa menggunakannya untuk menyikat gigi anda yang menguning tersebut. Untuk memperoleh hasil yang maksimal maka anda pun bisa menggunakannya selama setiap hari.

10. Berkumur Menggunakan Air Garam
Image Credit: 99.coUntuk cara satu ini cukup mudah anda lakukan sendiri di rumah. Selain itu, cara yang simpel ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk memutihkan gigi secara alami. Hal ini dikarenakan garam memiliki kandungan anti bakteri, sehingga akan membantu untuk membersihkan gigi dari kuman yang menyebabkan gigi menjadi kuning dan berlubang.

Bagi anda yang ingin menggunakan cara satu ini untuk memutihkan gigi secara alami maka anda pun hanyatinggal untuk berkumur menggunakan air garam ini secara setiap hari. Jika anda menggunakannya secara rutin dan terus menerus maka anda pun nantinya akan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan gigi anda yang menguning tersebut akan bisa untuk menjadi putih secara permanen dan alami.

11. Menggunakan Minyak Cengkeh
Image Credit: Sehatq.comCara lain yang bisa anda lakukan untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Salah satu bahan alami ini ternyata menjadi alternatif bagi anda yang ingin memutihkan gigi. Tak hanya itu saja, jika anda sedang menderita sakit gigi maka anda pun juga bisa untuk menggunakan minyak cengkeh ini. Untuk itu, dengan menggunakan minyak cengkeh secara teratur, maka anda pun juga akan bisa membuat gigi menjadi lebih putih.

Sehingga bagi anda yang ingin untuk memutihkan gigi dengan cara yang alami, maka tak ada salahnya bagi anda untuk menggunakan minyak cengkeh ini. Dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi secara rutin, maka hal ini pun akan membuat gigi anda menjadi nampak lebih bersih dari noda menguning. Sehingga nantinya gigi anda pun bisa menjadi lebih putih dari biasanya.

12. Menggunakan Biji Buah Pinang
Image Credit: Agrofarm.co.idDikenal sebagai bahan pemutih gigi alami sejak lama, maka tak ada salahnya anda untuk mencoba memutihkan gigi dengan menggunakan cara satu ini. Dengan memiliki kemampuan yang ampuh untuk membersihkan gigi maka tak heran jika nenek moyang kita pun juga menggunakan biji buah pinang untuk membuat gigi menjadi nampak lebih putih. Selain itu, gigi anda pun juga akan lebih kuat jika menggunakan cara satu ini.

Hal yang perlu anda lakukan untuk memanfaatkan biji buah pinang ini adalah dengan membakar biji buah pinang tersebut hingga menjadi hangus. Kemudian, anda pun bisa menghaluskan biji pinang tersebut dengan cara ditumbuk hingga menjadi halus. Selanjutnya, anda pun hanya perlu untuk mengoleskanya pada gigi agar nantinya gigi menjadi nampak lebih putih.

13. Menggunakan Daun Mimba
Image Credit: Wanita22.comMungkin sebagian dari anda masih asing dengan daum mimba ini. Namun, anda perlu tahu bahwa daun satu ini memiliki khasiat yang bagus untuk membuat gigi anda menjadi lebih putih. Hal ini dikarenakan daun mimba memiliki kandungan yakni azadirahtin yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, daun ini juga memiliki manfaat untuk membersihkan noda kuning yang terdapat pada gigi anda.

Sehingga nantinya gigi pun akan memiliki tampilan yang lebih bersih dan tentu saja menjadi putih. Untuk menggunakannya, maka ada dua cara yang bisa untuk anda lakukan. Yang pertama adalah dengan menggosokkan daun satu ini secara merata pada gigi. Sedangkan untuk cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan campuran pasta dari daun mimba ini. Anda pun bisa dengan mudah untuk mendapatkannya di apotik.

14. Menggunakan Daun Salam
Image Credit: Makanabis.comTak hanya berfungsi untuk bahan makanan dan menambah cita rasa alami pada masakan, maka anda pun juga bisa untuk memanfaatkan daun satu ini untuk memutihkan gigi secara alami. Sehingga untuk anda yang ingin utnuk membuat gigi menjadi nampak lebih putih, maka anda pun bisa menggunakan daun satu ini. Dimana untuk cara menggunakanya pun cukup mudah.

Pertama anda bisa untuk menyiapkan beberapa helai dari daun salam. Setelah anda mencucinya dengan bersih maka anda pun bisa merebus beberapa helai daun salam tersebut di dalam air secukupnya. Nah, hasil dari air rebusan tersebut bisa anda manfaatkan untuk berkumur. Lakukan cara satu ini secara rutin, agar nantinya anda pun bisa mendapatkan gigi yang putih dengan cara yang alami.

15. Menggunakan Kulit Pisang
Image Credit: Sukabumiupdate.comTak hanya kulit jeruk saja yang bisa anda manfaatkan untuk memutihkan gigi, maka anda pun juga bisa untuk menggunakan kulit pisang sebagai cara yang lainnya. Buah yang menjadi favorit dari banyak orang ini ternyata kulitnya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda kuning pada gigi. Untuk menggunakanya pun cukup mudah, yakni anda hanya perlu untuk menggosoknya ke gigi secara merata. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan melakukan beberapa cara diatas, maka anda pun bisa memutihkan gigi dengan alami. Selain itu, cara cara tersebut merupakan cara alami yang bisa untuk anda lakukan. Sehingga nantinya tidak akan menimbulakan efek samping untuk gigi anda. Untuk itu, bagi anda yang masih bingung untuk memutihkan gigi maka anda pun bisa menggunakan salah satu cara tersebut.