Blog

10 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Dan Kesimpulannya

Sosiologi Info – Apa saja Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Sosiologi dan Kesimpulannya, baik dalam bukunya, jurnal dan pdf.

Jelaskan dan sebutkan minumal 3 atau 10 pengertian globalisasi dan tahunnya, mari simak ulasannya dibawah ini.

Sekilas Memahami Globalisasi di Masyarakat
Dunia tanpa batas itulah yang sekarang terjadi diberbagai belahan dunia dalam kehidupan masyarakat. Apalagi dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau Iptek.

Telah membuat manusia hidup dalam serba kemudahan akses, penyebaran informasi, dan berbagai keperluan distribusi lebih cepat sampai.

Baca Juga :Ada 23 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Serta berbagai kemudahan dalam arus globalisasi diseluruh dunia melalui bantuan internet dan teknologi digital.

Bahkan setiap negara terus berlomba lomba dalam mengembangkan inovasi digital yang merambah di hampir semua sektor aspek bidang kehidupan sosial masyarakat dunia.

Tak terkecuali di Indonesia, bagaimana pengaruh adanya suatu perubahan cepat akibat adanya globalisasi telah dirasakan oleh setiap individu.

Misalnya seperti kemudahan akses internet, pemakaian smartphone, kendaraan, perkembangan bisnis, dan perekonomian tumbuh, UMKM berkembang.

Serta berbagai pengaruh baik atau dampak positif dari adanya globalisasi di kehidupan masyarakat. Mulai dari bidang sosial budaya, ekonomi, politik.

Selanjutnya ada di bidang transportasi, bisnis, agama, ideologi, lingkungan, pendidikan, dan berbagai bidang aspek sektor lainnya di masyarakat.

Oleh karena itulah, perkembangan yang begitu pesat dalam arus globalisasi sepertinya tidak bisa dihindari dalam kehidupan manusia di dunia, khususnya di Indonesia.

Bagaimana sudah masyarakat mendapatkan kebermanfaatan dari adanya globalisasi yang menyeluruh di berbagai sektor tersebut.

Lantas apa sih pengertian dari Globalisasi dari para ahli dunia, sosiologi, dan Indonesia dalam memandang atau memberikan perspektif pengertian globalisasi ?

Nah untuk menjawab pertanyaan itu, mari simak saja penjelasan dan ulasan mengenai pengertian globalisasi menurut para ahli, dibawah ini.

Ada 10 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya
Beberapa penjelasan dan pengertian dari globalisasi menurut para ahli dunia atau tokoh sosiologi yang ada yaitu sebagai berikut :

1. Pengertian Globalisasi Menurut Malcon Waters
Menurut Waters memberikan pengertian globalisasi dari sudut pandang yang berbeda. Ia menjelaskan globalisasi merupakan sebuah proses sosial.

Dimana batas geografis tidak penting terhadap kondisi sosial budaya. Yang mana akhirnya menjelma ke dalam kesadaran seseorang.

2. Pengertian Globalisasi Menurut Anthony Giddens
Menurut Giddens mengatakan globalisasi adalah adanya saling ketergantungan antara satu bangsa dengan bangsa lainnya.

Baik antara satu manusia dengan manusia lain, melalui perdagangan, pariwisata, perjalanan, budaya, informasi dan interaksi yang sangat luas.

Sehingga batas batas dari negara menjadi semakin sempit.

3. Pengertian Globalisasi Menurut Tomlinson
Menurut Tomlinson menjelaskan arti definisi dari globalisasi yaitu sebagai suatu penyusutan jarak yang ditempuh.

Dan pengurangan waktu yang diambil dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari manusia.

Baik secara fisik misalnya seperti perjalanan melalui udara atau secara perwakilan misalnya seperti penghantaran informasi.

Dan gambar menggunakan media elektronik untuk menyebrangi mereka.

4. Pengertian Globalisasi Menurut Princeton N Lyman
Menurut Lyman memberikan penjelasan bahwa globalisasi diartikan sebagai rapid growth of interdependency and connection in the word of trade and finance.

Menurutnya globalisasi tidak hanya terbatas pada fenomena perdagangan, dan aliran keuangan yang berkembang secara luas dimana saja.

Nah ini karena adanya kecenderungan bahwa kemampuan teknologi yang memberikan fasilitas perubahan keuangan.

Misalnya seperti globalisasi komunikasi, “there are other trends driven by the same explosion of technological capability that have facilitated the financial change.

5. Pengertian Globalisasi Menurut Wuryan dan Syaifullah
Menurut Wuryan dan Syaifullah menyebutkan secara etimologis globalisasi berasal dari kata globe yang artinya bola dunia.

Sedangkan akhiran sasi adalah sebuah proses atau keadaan yang sedang berjalan dan terjadi pada saat sekarang.

Dengan demikian secara etimologis pengertian globalisasi adalah sebuah proses mendunia yang tengah terjadi saat ini.

Yang menyangkut berbagai bidang dan aspek kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara negara di dunia.

6. Pengertian Globalisasi Menurut Thomas Larsson
Menurut Thomas Larsson menjelaskan bahwa globalisasi adalah proses penyusutan dunia sehingga jarak semakin pendek dan segala hal terasa semakin begitu dekat.

Globalisasi dimana mengacu pada semakin mudahnya interaksi antara seseorang disuatu tempat dengan orang lain dibelahan dunia mana pun dari dunia yang lain.

7. Pengertian Globalisasi Menurut Roland Robertson
Menurut Roland Robertson menyebut globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek kebudayaan lainnya.

Begitu juga kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi termasuk munculnya internet, media sosial, telegraf.

Itulah merupakan salah satu dari faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan ekonomi serta budaya.

Disinilah globalisasi itu sebagai merupakan pemadatan dunia dan pemerkayaan kesadaran dunai secara menyeluruh di masyarakat.

8. Pengertian Globalisasi Menurut Selo Soemardjan
Menurut Selo Soemardjan globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang berada di seluruh dunia.

Dimana tujuannya adalah untuk mengikuti sistem dan kaidah tertentu yang sama.

9. Pengertian Globalisasi Menurut Martono
Menurut Martono mengatakan pengertian globalisasi didefinisikan sebagai penyebaran kebiasaan-kebiasaan yang mendunia, ekspansi hubungan yang melintasi benua.

Organisasi kehidupan sosial pada skala global dan adanya pertumbuhan dari sebuah kesadaran global bersama.

10. Penjelasan Globalisasi Menurut Ahmed dan Doman
Menurut Ahmed dan Doman menjelaskan tentang batasan dari globalisasi pada prinsipnya mengacu pada perkembangan.

Perkembangan yang cepat di dalam teknologi komunikasi, transportasi, yang bisa membawa bagian bagian dunia yang jauh menjadi hal hal yang mudah dan bisa dijangkau.

Oleh karena itu, kesimpulannya bahwa pengertian globalisasi adalah proses dimana individu, suatu kelompok, masyarakat, dan negara yang saling berinteraksi.

Saling terkait, keterikatan, dan ketergantungan serta saling memberikan pengaruh atau mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya, serta melintasi batas negara.

Demikianlah pembahasan mengenai topik materi tentang Ada 10 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya.

Sumber Rujukan Sosiologi.info :

, diakses pada Sabtu, 12 Februari /, diakses pada Sabtu, 12 Februari /, diakses pada Sabtu, 12 Februari 2022