Blog

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Secara Alami

Inilah Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Menggunakan Bahan Alami yang Mudah Ditemukan. Merawat Wajah dengan Memanfaatkan Madu, Teh Hijau, Lidah Buaya, Tomat dan sebagainya.

Wajah mulus nan sehat merupakan kondisi kulit idaman semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kulit beruntusan. Permasalahan kulit satu ini masih menjadi momok menakutkan, bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri untuk tampil di hadapan publik.

Kini tak perlu khawatir lagi, sebab ada beberapa cara alami yang sekiranya bisa diterapkan untuk menghilangkan permasalahan kulit bruntusan. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Madu
Image Credit: Blog.regopantes.comSejak dahulu, madu sudah cukup populer dan banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia. Selain karena rasanya yang lezat, kandungan pada madu dipercaya baik bagi kesehatan tubuh. Hingga saat ini, banyak masyarakat yang mencari madu alami untuk berbagai hal. Entah itu sebagai bahan tambahan penambah daya tahan tubuh, ataupun sebagai bahan alami untuk menyehatkan kulit wajah.

Mulai dari permasalahan kulit seperti jerawat, kulit kusam, hingga bruntusan dapat dibasmi dengan mudah jika menggunakan madu. Terutama jika digunakan secara rutin, dijamin bahan alami ini akan membantu kulit untuk mendapatkan kulit yang sehat secara efektif. Cara menggunakannya pun cukup mudah, dimana kamu hanya perlu mengoleskannya ke area wajah yang diinginkan.

Sebelum mengoleskan madu murni, pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu. Oleskan secara merata dan biarkan selama kurang lebih 30 menitan, kemudian bilas mengunakan air bersih. Sejak pertama pemakaian, kamu bisa merasakan perbedaan kullit yang terlihat lebih bersih nan kenyal. Bahkan bruntusan di area tertentu mulai berkurang, meski tidak langsung hilang sepenuhnya. Jika dilakukan secara rutin, kulit wajah akan terlihat lebih sehat nan kenyal.

Banyak pula yang kemudian menambahkan madu dan bahan alami lainnya, ketika ingin membuat masker alami untuk hilangkan bruntusan. Dengan bantuan bahan alami lainnya, tubuh akan mendapatkan nutrisi lebih lengkap sekaligus mendapatkan khasiat yang bervariasi. Bayangkan saja jika dilakukan secara rutin, kemungkinan memiliki kulit mulus nan sehat bukan lagi menjadi impian semata.

2. Teh Hijau
Image Credit: Parenting.firstcry.comSudah bukan rahasia lagi, bila teh hijau mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan berbagai produk telah ditawarkan, mulai dari minuman sehat hingga perawatan kecantikan pun tersedia. Khusus untuk perawatan kecantikan, biasanya bahan alami ini digunakan untuk menghilangkan bruntusan yang membandel. Hanya dengan menggunakannya secara rutin, dijamin kulit menjadi lebih sehat dan bersinar.

Mengetahui hal tersebut, banyak masyarakat yang kemudian berbondong bondong membeli aneka produk yang mengandung teh hijau. Selain dari kandungan yang baik bagi kulit, harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Tidak heran bila kemudian tingkat kepopuleran si teh hijau semakin tinggi setiap tahunnya. Apa yang membuat bahan alami ini begitu spesial bagi kesehatan kulit.

Teh hijau ternyata mengandung antioksidan, yang tentu saja baik bagi kesehatan kulit maupun kesehatan tubuh. Dengan bantuan kandungan tersebut, bruntusan yang berada di area pipi dan dahi dapat ditangani dengan mudah. Cara menggunakannya pun cukup simpel, dimana kamu hanya perlu mengoleskannya ke area wajah yang diinginkan layaknya menggunakan masker alami seperti bahan lainnya.

Tak hanya kandungan dalam teh hijau saja yang dapat menghilangkan bruntusan, namun bau harum khas yang dikeluarkan membuat perasaan menjadi lebih rileks. Ketika pikiran menjadi lebih tenang, kulit tidak akan stres dan menimbulkan bruntusan berlebih. Apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, silahkan mengkonsumsi cukup air dan mengkonsumsi makanan sehat nan bergizi tinggi.

3. Lidah Buaya
Image Credit: Kanal24.azTerkenal akan rasanya yang gurih nan lezat, ternyata lidah buaya juga bisa digunakan sebagai bahan alami kecantikan kulit. Jika diperhatikan, dalam beberapa tahun belakangan produsen kecantikan berlomba lomba untuk menghasilkan produk terbaik dari olahan lidah buaya. Wajar saja bila bahan alami ini tengah diburu oleh masyarakat, karena tumbuhan ini mengandung vitamin E yang baik bagi tubuh.

Tak hanya menghilangkan bruntusan semata, bahkan beberapa permasalahan kulit lainnya dapat diatasi dengan menggunakan bahan tersebut dengan mudah. Dirasa cukup ampuh, dimana salah satu kandungannya membuat kulit menjadi lebih tenang dan rileks. Sangat cocok digunakan di area wajah yang sedang iritasi, terutama pada bagian wajah yang terasa gatal akibat adanya bruntusan yang cukup parah.

Tertarik untuk menggunakannya sebagai bahan alami kesehatan kulit ? Tampaknya keputusan ini sudah tepat, dimana kamu bisa membeli berbagai produk yang diklaim mengandung lidah buaya ataupun mengoleskan lidah buaya secara langsung. Lakukan secara rutin agar dapatkan hasil maksimal, dan dapat tampil lebih percaya diri. Agar lebih hemat, tidak ada salahnya untuk membudidayakannya di pekarangan rumah.

Apabila anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah, silahkan pilih bagian yang siap digunakan. Bersihkan terlebih dahulu agar tidak ada debu dan kotoran yang menempel di kulitnya, lalu pisahkan antara isi dan kulitnya. Kemudian ambil bagian isinya dan haluskan sebelum diaplikasikan kepada kulit wajahmu. Lidah buaya yang masih segar, sangat ampuh dimanfaatkan sebagai masker alami meredakan iritasi maupun membasmi bruntusan.

4. Tomat
Image Credit: Culinaryvegetableinstitute.comMudah ditemukan di toko terdekat dan memiliki rasa yang lezat, tomat seringkali diburu masyarakat untuk diolah menjadi kuliner lezat. Mulai dari sambal tomat segar hingga jus tomat, dijamin akan membuat lidah anda bergoyang sekaligus baik bagi kesehatan tubuh. Harganya pun cukup ramah di kantong, dan bahkan kamu bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah dengan cukup mudah.

Namun kali ini tomat yang akan dibahas bukanlah untuk dikonsumsi, melainkan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit agar tampak lebih sehat nan berseri. Sudah tahukah akan informasi ini ? Selain dikonsumsi, ternyata tomat kerapkali digunakan sebagai bahan alami untuk merawat ataupun menghilangkan berbagai permasalahan kulit wajah. Bahkan para produsen menggunakan tomat sebagai produk kecantikan.

Kulit wajah terlihat bruntusan ? Tak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan bahan alami berwarna merah satu ini. Cara pengguaannya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskannya terlebih dahulu hingga halus. Apabila ingin hasilnya lebih maksimal, silahkan menggunakan blender sebagai alat bantu. Tekstur tomat yang sudah berubah menjadi lebih halus, kemudian diaplikasi di area wajah bruntusan.

Gunakan tomat halus tersebut seperti ketika menggunakan masker pada umumnya, lalu diamkan selama beberapa menit agar kandungan pada tomat meresap dalam kulit. Saat masker tomat sudah mulai mengering, silahkan membilasnya dengan air bersih lalu rasakan perbedaanya. Ingin mendapatkan hasil yang lebih sempurna ? Lakukan hal ini secara rutin, dijamin hasilnya lebih cepat terlihat dan kulit wajahpun menjadi lebih sehat.

5. Es Batu
Image Credit: Sluttygirlproblems.comDikala sengatan matahari sedang panas panasnya, hal pertama yang terlintas di pikiran adalah mengkonsumsi minuman dingin yang dicamurkan dengan es batu. Selain menjadi bahan tambahan dalam minuman, ternyata air yang membeku ini dapat dimanfaatkan untuk membasmi bruntusan. Sensasi dingin di kulit wajah, ternyata bisa mengurangi rasa gatal yang diakibatkan dari bruntusan.

Silahkan aplikasikan pada seluruh permukaan wajah, kemunginan bruntusan mereda hanya dalam satu malam saja. Namun sebelum melakukannya, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu agar tidak ada debu dan kotoran yang masih menempel di kulit. Agar permukaan es batu tidak mengenai kulit secara langsung, sediakan handuk bersih bertekstur lembut sebagai perantaranya.

Masukkan es batu ke dalam handuk tersebut dan ikat di bagian ujungnya agar lebih mudah digunakan. Kompeskan ke beberapa area wajah yang bruntusan, lalu diamkan selama 30 detik hingga 1 menit lamanya. Ulangi hal tersebut hingga bruntusan dan kemerahan mulai mereda secara perlahan, dan rasakan perbedaanya. Jika diperlukan, silahkan melakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Ketika membeli es batu di toko terdekat, ada saja rasa khawatir yang menghantui. Apabila kamu tidak percaya sepenuhnya dengan es batu yang dijajakan, tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain terjamin kebersihannya, kamu bisa melakukan perawatan ini kapanpun diinginkan dan dibutuhkan. Sehingga tak perlu kebingungan, ketika stok es batu di toko langganan habis diburu pelanggan lainnya.

6. Minyak Cengkeh
Image Credit: Sehatq.comKetika bruntusan menyerang, kulit terasa gatal yang membuatmu tak tahan untuk menggaruk ataupun memecahkannya. Perasaan dilema pun menyelimuti, sebab hal itu justru membuat bruntusan semakin banyak namun di lain sisi tidak kuat untuk menahan rasa gatalnya. Untuk bisa menenangkan kulit yang gatal, tidak ada salahnya menggunakan bahan alami seperti minyak cengkeh sebagai alternatifnya.

Sejak dahulu, minyak cengkeh sudah dimanfaatkan sebagai bahan alami berantas bruntusan oleh berbagai tempat perawatan tubuh. Minyak satu ini dipilih, karena dipercaya memiliki kandungan eugenol yang dapat menghilangkan rasa gatal serta memberikan sensasi menenangkan. Sebelum mengaplikasikannya kepada wajah, pastikan untuk menambahkan sedikit air pada minyak satu ini agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Lemon
Image Credit: Rd.comMengandung vitamin E yang cukup tinggi, tidak heran bila lemon banyak dicari di pasaran. Selain itu, lemon juga dipercaya sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit sekaligus mengandung antiseprtik dan anti inflamasi. Dengan kandungan tersebut, tak perlu heran bila bahan alami ini seringkali dimanfaatkan para produsen makanan maupun minuman untuk menarik minat pembelinya.

Rasanya yang asam nan khas, seringkali dimanfaatkan sebagai tambahan rasa pada minuman maupun makanan. Dari kandungan asam asamnya pula, buah satu ini pun dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk pembasmi bruntusan terutama di bagian pipi dan dahi. Cukup dengan mencampurkan perasan lemon dan putih telur, kemudian oleskan ke area wajah yang bruntusan dengan merata.

Diamkan selama kurang lebih 20 menitan hingga benar benar mengering, lalu bersihkan menggunakan air bersih. Kulit wajah terasa lebih ringan dan bersih, sesudah melakukan perawatan menggunakan perasan lemon ini. Bagi pemilik kulit sensitif, ada baiknya untuk lebih berhati hati ketika ingin menggunakan bahan alami satu ini. Sebab lemon dikenal memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga ditakutkan kulit tidak sanggup untuk menahannya.

8. Cuka Apel
Image Credit: Harapanrakyat.comMengandung zat asam asetat, cuka apel bisa menjadi alternatif lainnya ketika ingin membasmi bruntusan di kulit wajah, Sebab kandungan tersebut, dipercaya mampu meredakan peradangan serta infeksi pada kulit. Mengetahui manfaat tersebut, banyak produk yang kemudian bermunculan untuk menawarkan khasiat dari cuka apel ini. Harganya pun cukup terjangkau, terutama jika meraciknya sendiri di rumah.

Bagaimana cara menggunakannya ? Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan cuka apel menggunakan kapas dan diamkan beberapa saat. Ketika merasa cuka apel sudah meresap sempurna, silahkan angkat kapas tersebut untuk melihat berubahannya. Agar khasiatnya semakin terasa, silahkan melakukannya secara rutin 2 hingga 3 kali dalam sehari hingga tidak ada lagi bruntusan yang tersisa.

Tak hanya sekedar menghilangkan bruntusan sementara, sebab bahan alami ini sangat ampuh membasmi bruntusan yang cukup parah sekalipun. Bahkan produsen produk kecantikan, berlomba lomba untuk menawarkan produknya yang mengandung cuka apel. Hal ini juga dipengaruhi dari permintaan pasar yang tinggi, karena masyarakat ingin mencoba khasiatnya secara langsung.

Salah satu faktor penyebab kulit wajah menjadi bruntusan, yaitu peningkatan kadar minyak pada lapisan kulit terdalam. Belum lagi dengan kulit mati yang menumpuk dan tidak segera dibersihkan, dapat menyumbat pori pori dan memunculkan jerawat. Oleh karenanya, kamu tidak boleh bermalas malasan untuk merawat kulit wajah, agar kesehatannya terjaga dan bisa tampil maksimal kapanpun diinginkan.

9. Putih Telur
Image Credit: Sportadictos.comSejak dahulu, telur ayam dikenal dengan bahan makanan kaya gizi dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Selain enak dikonsumsi, ternyata putih telurnya juga bisa dimanfatkan untuk menghilangkan permasalahan kulit seperti bruntusan. Bahkan banyak orang yang telah mencobanya, dan mengatakan bila bahan alami ini cukup efektif membasmi beruntusan yang membandel sekalipun.

Tak hanya membasmi bruntusan, putih telur ini bisa membersihkan sekaligus mengencangkan kulit. Untuk bisa menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan putih telur yang sudah dikocok ke seluruh are wajah. Diamkan beberapa saat hingga kulit wajah terasa kencang, lalu bilang menggunakan air bersih. Hanya saja, kamu harus bisa menahan bau amis khas telur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain menghilangkan bruntusan, putih telur juga bermanfaat untuk mengangkat komedo yang membandel. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah, sehingga pengeluaran tidak membengkak dan mendapatkan khasiat yang cukup melimpah. Sebagai media pengangkatan komedo, kamu bisa menggunakan tisu bersih yang dicelupkan ke putih telur yang sudah dikocok. Diamkan beberapa saat, dan tarik tisu tersebut dan lihatlah hasilnya.

10. Minyak Zaitun
Image Credit: Sehatq.comTerkenal akan baunya yang harum nan khas, ternyata minyak zaitun bisa mencari bahan alami untuk membasmi bruntusan membandel. Selain mengandung vitamin E yang berguna sebagai antioksidan, minyak harum satu ini juga terkenal akan kandungan tertentu yang ampuh melembabkan kulit. Tidak heran bila bahan alami ini, bisa menjadi alternatif terbaik menghilangkan berbagai permasalahan kulit seperti bruntusan.

Apabila ingin mencoba menggunakannya, silahkan mencampurkannya dengan bahan lainnya seperti madu. Apabila sudah tercampur merata, oleskan di bagian wajah yang bruntusan hingga merata lalu diamkan beberapa saat dan bilas menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, tidak ada salahnya melakukan perawatan ini secara rutin. Tak perlu khawatir akan efek samping, karena bahan yang digunakan 100% bahan alami.

Tak hanya menghilangkan bruntusan semata, sebab minyak zaitun juga kerap kali menjadi bahan tambahan dalam pembuatan masker alami. Dengan adanya campuran bahan ini, kulit mati akan terangkat sempurna dan kulit menjadi lebih kenyal nan lembab. Ketika kulit menjadi lebih sehat, dijamin bruntusan tidak akan menghampiri wajah cantikmu kembali. Tunggu apa lagi, silahkan gunakan minyak zaitun sebagai andalan menghilangkan bruntusan membandel.

Mendapati kondisi kulit bruntusan di pagi hari dapat membuat panik sekaligus kesal. Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun keberadaannya sangat mengganggu dan mengurangi kecantikan kulit. Agar bisa tetap tampil maksimal, diperlukan perawatan ektra seperti cara yang telah disampaikan di atas. Apabila dilakukan secara rutin dan penuh kesabaran, dijamin bruntusan akan menghilang dan tak akan datang kembali.